Media Sosial untuk Memperkuat Personal Branding Blogger

memperkuat-personal-branding-blogger

"Dek, ajarin gue biar bisa cepet dapet cuan dari blog, dong!"

Saya tertawa mendengar kakak sepupu saya yang tiba-tiba nodong pertanyaan tersebut. Ia bercerita ingin memiliki penghasilan tambahan, meskipun saat ini saudara saya itu berstatus sebagai salah satu karyawan BUMN. Melihat saya menulis dan bisa memperoleh penghasilan tambahan dari rumah membuatnya tertarik untuk mencoba.

"Gak bisa lo tiba-tiba bikin blog langsung dapet duit, Cuy!"

Selain kakak sepupu saya, beberapa orang juga mengira bahwa kegiatan seperti yang saya lakukan yakni blogging ini bisa tiba-tiba triiing menghasilkan pundi-pundi rupiah bahkan dollar. Padahal, butuh waktu dan perjalanan yang tidak mudah seperti kelihatannya.

Untuk menjadi blogger yang berpenghasilan, perlu persiapan-persiapan yang harus dilakukan. Salah satunya adalah membangun dan memperkuat personal branding sebagai seorang blogger itu sendiri, seperti yang dilakukan oleh teman saya yang saat ini sudah menjadi blogger IKN.

Memanfaatkan Media Sosial untuk Memperkuat Personal Branding Blogger

Salah satu cara yang efektif untuk menaikkan dan memperkuat personal branding di era digital seperti saat ini adalah tentu saja dengan memanfaatkan media sosial. Mengoptimalkan personal branding  di media sosial akan meningkatkan kepercayaan pembaca, menjangkau lebih banyak audiens serta membuka peluang untuk kerja sama, iklan, dan sumber pendapatan lainnya bagi seorang blogger.


Beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan media sosial adalah sebagai berikut:

personal-branding-blogger

1. Konsistensi Identitas

Supaya audiens bisa mengenali kita dengan mudah, sebaiknya gunakan nama yang sama untuk setiap media sosial yang kita miliki. Lebih baik lagi jika menggunakan foto profil yang konsisten dengan visual branding yang sama di berbagai platform, misalnya dari segi logo atau warna yang menjadi ciri khas.

Menggunakan gaya bahasa yang senada dengan tone yang digunakan di blog juga akan membuat audiens merasa lebih nyambung dan kenal dengan kita.

2. Share Konten Blog secara Konsisten

Manfaatkan media sosial untuk membagikan konten blog yang sudah kita publikasikan. Jangan hanya sekadar membagikan link, coba juga untuk mengemasnya menjadi konten yang menarik disertai caption untuk mengajak audiens mengunjungi laman blog kita. Cara ini juga bisa dilakukan untuk menaikkan traffic blog.

Untuk menjaga eksistensi kita sebagai blogger, lakukan kegiatan ini secara rutin sehingga audiens tau bahwa kita adalah blogger yang aktif menulis dan selalu menghadirkan konten-konten yang segar.


3. Jalin Komunikasi dengan Audiens

Media sosial merupakan tempat yang tepat untuk berinteraksi langsung dengan audiens. Jangan abaikan komentar-komen atau pesan yang masuk, selalu balas komentar dan pertanyaan yang datang ke akun media sosial kita. Ini bisa meningkatkan trust dan menaikkan personal branding kita di mata audiens.

4. Kolaborasi dengan Blogger Lain

Kolaborasi dengan blogger lain di media sosial bisa jadi sangat efektif dalam memperkuat personal branding karena melibatkan dua atau lebih audiens yang berbeda. Cara ini juga bisa meningkatkan visibilitas dan kredibilitas seorang blogger dengan niche-nya masing-masing.

Sebagai contoh, Mae frens adalah seorang travel blogger pemula yang melakukan IG Live bersama travel blogger lain yang sudah lebih dulu dikenal luas. Dalam sesi tersebut, kalian membahas tips traveling hemat, misalnya. Audiens blogger lain yang mengikuti sesi live tersebut mungkin akan mulai mengikuti blog dan media sosial kalian jika mereka tertarik dengan konten dan cara penyampaian kalian.

Contoh lainnya nih ya, tadi kalian adalah seorang travel blogger. Setelah mencoba IG Live bersama travel blogger lain, Mae frens bisa juga mengajak fashion blogger untuk membuat konten menarik di media sosial, misalnya saja konten video pendek.

Ambil tema "Travel Fashion: Tips Bergaya saat Liburan". Ini akan menarik audiens dari kedua belah pihak, karena memadukan dua topik yang relevan dan diminati oleh banyak orang.

5. Optimalkan Bio dan Deskripsi Profil

Mengoptimalkan bio dan deskripsi profil di media sosial merupakan langkah strategis untuk memperkuat personal branding sebagai seorang blogger. Bagian bio adalah first chance untuk memperkenalkan diri kepada audiens.

Di samping itu, deskripsi yang mencerminkan kepribadian, keahlian, dan niche blog juga akan membantu audiens memahami siapa kalian dan apa yang kalian tawarkan. Optimalkan juga penggunaan kata kunci yang relevan pada bio dan deskripsi profil media sosial kita.

Misalnya, jika tadi Mae frens adalah seorang travel blogger, menyertakan kata-kata seperti travel, adventure, atau wanderlust dapat membantu orang yang mencari topik tersebut menemukan profil kalian dengan lebih mudah.

personal-branding-quotes


Neil Patel, seorang ahli pemasaran digital menekankan bahwa personal branding yang kuat bisa membantu seseorang dalam membangun kepercayaan dan kredibilitas, baik dihadapan audiensnya maupun calon klien. Pada intinya, personal branding ini merupakan salah satu jalan untuk membuka peluang monetisasi blog.

Saat mulai ngeblog dulu, saya melihat sendiri bagaimana teman-teman blogger yang sudah lebih dulu terjun ke dunia blogging dan sukses mem-branding dirinya di media sosial, mendapatkan banyak kesempatan kerjasama dengan berbagai brand.

Kesempatan pun tak hanya datang pada mereka sebagai blogger, namun ada juga yang sukses menjadi influencer di daerahnya, seperti rekan blogger saya yang saat ini dikenal juga sebagai influencer Balikpapan.

Personal branding yang terbangun dengan baik melalui blog dan diperkuat melalui media sosial, dapat menciptakan peluang di berbagai sektor, termasuk advertorial post, sponsor post, hingga kesempatan lainnya seperti menjadi influencer, content creator di platform lain, atau pembicara untuk mengisi acara seputar kepenulisan.

Jadi, sebelum menilai bahwa ada cara cepat untuk mendapatkan penghasilan sebagai blogger, coba lihat laman media sosial kalian dulu, nih. Apakah sudah dimanfaatkan dengan baik untuk memperkuat personal branding? ;)

Posting Komentar

0 Komentar