Beragam Layanan Assessment Center di Prasmul-ELI

assessment-prasmul-eli

Salah satu cara untuk mengetahui kemampuan karyawan dalam sebuah perusahaan adalah lewat sebuah program penilaian atau yang dikenal sebagai assessment, tentunya sudah tidak asing lagi dengan hal ini bukan. Karena hampir semua perusahaan menerapkannya, mulai dari tahap awal yaitu rekrutmen sampai dengan tahapan untuk mencari kandidat yang akan dipromosikan pada jabatan yang lebih tinggi, semuanya juga butuh penilaian. Namun zaman sekarang lebih praktis bisa langsung dipercayakan ke sebuah lembaga juga assessment center saja.

Apa Itu Program Assessment?

Seperti yang sudah diketahui sebenarnya assessment adalah sebuah langkah atau upaya yang dilakukan untuk menilai atau mengidentifikasi sebuah talenta yang ada dalam perusahaan, tentunya melalui beberapa macam indikator yang ada, serta dilakukan oleh tenaga ahli saja.

Penilaian ini biasanya langsung dipercayakan kepada sebuah lembaga yang sudah kompeten di bidangnya, sehingga perusahaan tinggal terima jadi saja, tidak memperberat pekerjaan dari tenaga HRD, karena sudah langsung keluar hasilnya.


Di zaman sekarang pada dasarnya kegiatan penilaian atau assessment sendiri tidak sekedar dilakukan secara langsung, melainkan juga dilakukan secara online atau digital. Layanan assessment digital ini membantu membuat pekerjaan penilaian jadi lebih cepat serta lebih akurat, karena sudah diuji dengan tingkat akurasi yang tinggi. Pas digunakan oleh perusahaan besar yang memiliki SDM dengan jumlah yang banyak pula.

Manfaat Assessment

manfaat-assessment

Dengan adanya layanan assessment center ini, sebenarnya ada banyak manfaat yang dapat dirasakan, diantaranya adalah:

1. Assessment akan membantu untuk mengetahui kualitas SDM secara menyeluruh, apalagi sebenarnya aspek yang nantinya akan dinilai juga ada banyak, mulai diantaranya adalah kepribadian, wawasan, pencapaian dan sebagainya. Sehingga lebih mudah bagi perusahaan untuk menilainya.

2. Membuat perusahaan lebih dekat dengan SDM, karena tahu mengenai gambaran besar tentang karyawan tersebut, sehingga nantinya perusahaan juga bisa menemukan cara terbaik guna bisa lebih dekat dengan SDM ini, termasuk juga cara untuk mengembangkan potensi yang dimiliki, sekaligus juga untuk cara meminimalisir kelemahan masing-masing SDM.

3. Menemukan pilihan pelatihan yang tepat bagi karyawan, tentunya setelah disesuaikan dengan apa yang menjadi kelemahannya, serta potensi yang terus bisa digali atau dioptimalkan tersebut.

4. Perusahaan bisa mengambil keputusan secara tepat terkait dengan kebijakan yang diambil untuk SDM, tentunya sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh SDM tersebut.

Jenis-Jenis Program Assessment Prasmul-ELI

Diantara sekian banyak pilihan lembaga assessment center yang ada di Indonesia, pastikan perusahaan tidak asal pilih, hanya gunakan layanan dari perusahaan yang sudah berpengalaman saja dan berbasis teknologi, yaitu Prasmul-ELI.

Assessment yang dilakukan Prasmul-ELI ini adalah dengan menggabungkan dua jenis metode atau pendekatan sekaligus, diantaranya adalah dengan cara identifikasi kemampuan bawaan SDM untuk melakukan perannya sesuai dengan potensi yang dimiliki, sekaligus juga dengan identifikasi perilaku dalam melakukan peran tersebut.

Ada beberapa jenis program assessment yang hadir disini, diantaranya adalah:

layanan-assessment-center-di-prasmul-eli
sumber: prasmul-eli.co

1. Competency Assessment Program

Merupakan solusi bagi organisasi atau perusahaan yang ingin melakukan identifikasi terhadap kompetensi atau kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh SDM, sehingga nantinya berguna dalam mendukung efektivitas dalam perusahaan tersebut, dimana nantinya masih akan dibagi lagi dalam beberapa pilihan program, yaitu operational level, manajemen level dan strategic level.

2. ELI online profile

Program lainnya adalah dengan EOP yang merupakan sebuah alat penilaian potensi online, berfungsi dalam mengidentifikasi kemampuan intelektual maupun profile pribadi yang dimiliki oleh seorang karyawan dalam perusahaan, dimana yang diukur nantinya akan meliputi beberapa jenis aspek.

3. ESAT

Jenis program penilaian yang lainnya adalah dengan ESAT, yaitu digunakan untuk mengukur tes berorientasi kinerja, ada setidaknya 5 jenis aspek yang akan diukur disini, diantaranya adalah energy of will, kegigihan, perhatian, konsentrasi serta ketelitian dalam bekerja, pengukuran berbasis online sehingga akan lebih cepat untuk menerima hasilnya.

4. CAPILER Profile

Jenis assessment yang lainnya adalah dengan CAPILER profile, dimana ini adalah sebuah instrumen penilaian yang dipakai dalam mengukur karakteristik, motivasi serta potensi yang dimiliki oleh individu.

Jenis tes yang satu ini sudah di validasi oleh peneliti, bahkan selama lebih dari 5 dekade, sehingga tidak perlu diragukan lagi mengenai efektifitasnya. Alat ini mengukur sesuai dengan ciri-ciri kepribadian yang terbagi kedalam 4 kategori, seperti diantaranya adalah komunikasi, dinamika antar pribadi, memecahkan masalah dan pengambilan keputusan, serta yang terakhir adalah organisasi pribadi dan manajemen waktu.


Bisa konsultasi terlebih dahulu ingin ambil jenis tes yang mana dalam program assessment center dari Prasmul-ELI ini, karena dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan kalian. Semua program assessment yang tersedia di Prasmul-ELI tersebut semuanya telah terjamin dan teruji, sehingga akan memberikan hasil terbaik, informasi lebih lengkapnya bisa langsung cek melalui website resmi Prasmul-ELI tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar