Serendipity's Embrace, Bitter Sweet First Love

Serendipity's Embrace, Bitter Sweet First Love
Cinta pertama seperti makanan beku. Kamu harus membekukannya sekeras batu agar bertahan lama
-Lee Hong Ju

Siapa nih di antara Mae frens yang masih ingat kenangan tentang cinta pertamanya? Pada umumnya, first love akan meninggalkan kesan yang berbeda ya. Sehingga, meski tak lama berjumpa hingga sekian tahun, masih ada sisa-sisa kenangan yang membekas akan si doi begitu bertemu kembali.

Cinta pertama itu memang terasa manis, namun tak jarang berujung pahit. Seperti yang dialami oleh Lee Hong Ju yang memutuskan move on dari cinta pertamanya. Dari sekian banyak drama Korea yang menceritakan tentang romansa cinta pertama, salah satu yang terbaru dan saya nikmati kisahnya adalah Serendipity's Embrace.

Selain manis, drama ini membuat saya bernostalgia ke masa-masa SMA. Bernostalgia dengan perasaan dugeun-dugeun saat bertemu my first love, meskipun tak berakhir sesuai harapan (di masa itu). Lho, malah curcol! Haha..


Drama dengan jumlah episode 8 ini recommended buat kalian penyuka genre romance dan slice of life yang nggak banyak konflik juga zero villain. Gimana sinopsis dan ulasannya? Lanjut yuk bacanya!

Profil Drama Korea Serendipity's Embrace

drama-korea-serendipitys-embrace

Judul: Serendipity's Embrace / Is it a Coincidence?
Hangul: 우연일까?
Sutradara: Song Hyun Wook
Penulis naskah: Nam Ji Eun, Kim In Ho (webcomic), Park Geu Ro (drama)
Jumlah episode: 8
Jaringan siaran: tvN, Viu
Pemain:
Kim So Hyun sebagai Lee Hong Ju
Chae Jong Hyeop sebagai Kang Hu Young
Yun Ji On sebagai Bang Joon Ho
Kim Da Som sebagai Kim Hye Ji
Lee Won Jung sebagai Kwon Sang Pil

Sinopsis Serendipity's Embrace

Lee Hong Ju adalah seorang wanita karir yang bekerja di sebuah perusahaan pembuat film animasi. Ia berhasil meraih mimpinya dengan bekerja sebagai produser film animasi. Di balik kepribadiannya yang selalu ceria dan tampak tangguh, Lee Hong Ju menyimpan luka yang cukup dalam akibat putus dari pacar yang juga merupakan cinta pertamanya.

Rasa patah hatinya setelah 3 tahun ditinggalkan oleh Bang Joon Ho belum juga sembuh. Suatu hari, ia bertemu kembali dengan teman SMA-nya, Kang Hu Young setelah 10 tahun. Kang Hu Young adalah salah satu murid kebanggaan sekolahnya dulu. 10 tahun lalu, ia pergi ke Amerika untuk melanjutkan studi dan bekerja di sana bersama ibunya. Adanya urusan pekerjaan membuat Hu Young harus kembali sementara ke Korea Selatan.

serendipitys-embrace

Setelah bertemu dengan Lee Hong Ju, Kang Hu Young tidak dapat mengelak dan menyembunyikan perasaan bahwa ia masih menyukai cinta pertamanya itu. Akan tetapi, ia paham betul bagaimana terlukanya hati Hong Ju akibat Bang Jun Ho. Dirinya sendiri menjadi saksi bagaimana Hong Ju memperjuangkan cinta pertamanya sejak SMA dulu.

Review dan Kesan Menonton

Kalau melihat sinopsisnya, mungkin Mae frens yang belum menonton drama ini akan berpikir, "Oh, gitu doang.." Jalan cerita dalam drama ini memang seringan itu, ceritanya pun sangat kental dengan cerita drama Korea romcom yang selama ini kita kenal. Dari "musuhan" jadi saling suka, dari teman "kecil" menjadi teman spesial saat dewasa, dan adegan-adegan klise lainnya.

Drama berjumlah 8 episode ini pun bisa dikatakan sangat minim konflik. Bahkan menurut saya, konfliknya serasa diada-adain aja biar ada, meski tanpa konflik tersebut pun drama ini akan baik-baik saja. Haha..

Adapun konflik dalam Serendipity's Embrace berkisar pada mantan Lee Hong Ju yang setelah tiga tahun menghilang tanpa kabar, secara mendadak muncul kembali. Of course, Bang Jun Ho masih berharap untuk bisa kembali menjalin hubungan dengan Hong Ju dengan keyakinan bahwa mantan kekasihnya tersebut belum move on dari dirinya. PD banget, Bang!

Kenapa mereka ingin memulainya, jika itu akan menyakiti kita?
-Serendipity's Embrace drama

Di sisi lain, Kang Hu Young sudah bertekad akan memperjuangkan perasaan yang selama belasan tahun ini dia pendam. Ketika ia melihat celah untuk bisa mendapatkan hati Hong Ju, ibu Kang Hu Young datang dari Amerika untuk segera membawanya kembali pulang. Adanya masa lalu yang kurang menyenangkan, membuat ibunya kekeuh tidak ingin ia maupun anaknya kembali ke Korea.

Lantas, apa saja nih yang membuat saya tertarik dan terus menonton drama ini? Ada beberapa poin yang bisa saya tuliskan menjadi review di bawah ini:

Nostalgia Cinta Pertama

Dengan segala ke-klise-an dan ke-standard-an drama ini, saya sih tetap suka dan dengan tekun menamatkan Serendipity's Embrace. Haha. Daya tarik dari drama ini, menurut saya sendiri adalah ketika Chae Jong Hyeop sebagai Kang Hu Young sukses membuat saya kembali berbunga-bunga dan mengingat masa-masa bitter sweet first love di masa sekolah dulu.

Cinta pertama itu istimewa, karena hanya ada satu dalam hidup
-Lee Hong Ju

Gregetnya tu dapet banget, frens. Canggung tapi senang saat akhirnya bisa kembali ngobrol, jalan bareng, dan mengingat masa-masa sekolah dulu, I feel it dah, Hu Young-aa! :D POV-nya Kang Hu Young benar-benar bisa membangkitkan kupu-kupu dalam perut saya. Sebagai penggemar drama romance, betah deh nontonnya! Hihi.

serendipitys-embrace-hong-ju-hu-young

Sebagai catatan ya, frens, jangan berharap banyak dengan adegan romance yang ada di drama ini. Serendipity's Embrace ini tipe drama yang romance-nya itu nggak banyak adegan skinship, tapi dari tatapan mata atau gesture aja udah bikin melting.

Persahabatan Hong Ju dan Hye Ji

Salah satu alasan lain saya menonton drama ini adalah karena adanya penampilan dari Kim Da Som. Sebagai fan-nya Sistar, tentu saya penasaran seperti apa perannya dalam drama kali ini. Da Som memerankan karakter Kim Hye Ji, bestie Lee Hong Ju sejak mereka duduk di bangku SMA.

Hye Ji ini berperan penting dalam hubungan Hong Ju dan Hu Young. Jadi, sebenarnya Kim Hye Ji sudah naksir Hu Young sejak SMA. Chossarang-nya Hye Ji ya Hu Young ini. Akan tetapi, karena semasa SMA Hye Ji ini pemalu banget dan cupu, dia nggak berani ngomong langsung sama Hu Young bahwasanya ia suka.

Akhirnya, Hong Ju lah yang menjadi perantara untuk memberikan surat-surat cinta dari Hye Ji kepada Hu Young. Tentu saja Hu Young selalu menolak surat pemberian Hong Ju, lha wong Hu Young sukanya sama yang ngasih surat, bukan yang nulis surat.

serendipitys-embrace-hong-ju-hu-young

Ketika akhirnya Hu Young kembali ke Korea, Hye Ji lagi-lagi minta Hong Ju buat nyomblangin mereka. Namun, suatu ketika Hye Ji sadar bahwa selama ini Hu Young tidak bisa menerima cintanya karena yang disukai Hu Young adalah sahabatnya, Hong Ju.

hye-ji-hong-ju

Dengan kebesaran hatinya, Hye Ji pun merelakan begitu saja cinta pertamanya dan justru membantu Hu Young untuk bisa memenangkan hati Hong Ju. Baee bangeet yaa bestie macam gini. Tapi justru model drama gini yang saya suka, masih banyak ikan di laut jadi ngapain ribut-ribut sama sahabat sendiri hanya untuk memperebutkan satu lelaki ;)

Komedinya di Mana?

Melihat karakter Kang Hu Young yang tsundere dan nggak banyak omong, ditambah Lee Hong Ju yang tampak ketus tiap kali berada di dekat Hu Young, rasanya nggak banyak scene komedi di antara mereka. Padahal, drama ini melabeli dirinya sebagai romantic-comedy. Lantas, komedinya bagian mana?

Menurut saya, ada beberapa karakter yang didesain sebagai penghibur dalam drama Serendipity's Embrace ini. Mereka adalah paman Hu Young, Hye Ji, Pak Guru Son Kyung Taek, papanya Hye Ji dan Kwon Sang Pil yang merupakan bagian dari tiga sekawan (Hong Ju, Hye Ji dan Sang Pil).


Meski buat saya lucunya ya lucu aja, bukan yang lucu banget sampe ngakak kayak nonton Miss Night and Day, tapi humornya terasa lah. Yaa penonton nampaknya memang lebih difokuskan untuk merasakan kegalauan Kang Hu Young, sih. Haha.

Rekomendasi

Hanya berjumlah 8 episode, jalan cerita di drama Serendipity's Embrace ini cepat, nggak bertele-tele dan langsung pada maksud serta tujuan utamanya. Minim konflik, nggak ada karakter yang benar-benar villain, drama ini ringaaan banget untuk diikuti. Manis pula karena membuat penontonnya bernostalgia tentang kenangan chossarang.

Oiya satu lagi, OST-nya juga easy listening dan enak banget untuk didengarkan berulang-ulang. Salah satunya ini nih:

Destiny - 윤규 (8TURN)

Buat yang tertarik nonton, legalnya bisa ditonton di VIU ya!

Posting Komentar

0 Komentar